Setelah mengimami shalat Shubuh, zikir dan doa, Direktur Eksekutif Yayasan Sahid, KH. Ahmad Sajid Zain, MM bertanya kepada jamaah santriwati : “Maukah kalian menjadi keluarga Allah?”.

 

Karena para santriwati tidak menjawab, beliau menjelaskan : “kalian bingung ya, Allah kok mempunyai keluarga.”

 

Jangankan kalian, para sahabatpun dahulu juga bingung ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda seperti itu. Inilah Hadits selengkapnya.

 

إِنَّ لِلَّهِ أَهْلِينَ مِنَ النَّاسِ قَالُوا : مَنْ هُمْ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ : أَهْلُ الْقُرْآنِ هُمْ أَهْلُ اللَّهِ وَخَاصَّتُهُ

 

Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahlul Al Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan hamba pilihanNya” (HR. Ahmad)

 

Yang dimaksud alhul Quran adalah para pecinta al-Quran. Yaitu yang mempelajari dan menghafal serta mengamalkan al-Quran seperti kita para santri ini in sha Allah.

 

Kultum ba’da Shubuh pada Selasa, 5 Agustus 2020 tersebut disampaikan di masjid Sadaniyah al-Munawarah, di mana jamaahnya semua santri putri sekitar 400 orang. Adapun santri putra shalat di masjid Sahid Sahirman yang ada di kompleks pesantren putra.


Setelah kultum singkat, para santriwati langsung mempraktikkannya dengan belajar tahsin dan tahfidz bersama Murabbiyah masing-masing dalam halaqah-halaqah kecil di Serambi Masjid
. [ASZ]