SMK Sahid menulis Artikel 1

Sesuai dengan judulnya, pada kesempatan webinar yang diselenggarakan pada Sabtu, 19 September 2020 pukul 13.00-16.00 WIB bertempat di Sidoarjo Jawa Timur serta live di youtube  ini membahas seputar kiat dan tips agar kita tetap produktif dalam menulis walau ditengah duka pandemi seperti saat ini dengan host Bapak Heri Yudianto, ST., Gr. dan Narasumber Bapak Drs. Soegiarto, M.Pd. (juara 2 lomba artikel sieducex 2019).

Acara diikuti oleh hampir seratus peserta seluruh daerah di Indonesia dan mayoritas adalah guru, salah satunya adalah Ustadzah Ucu Musyarofah, S.Pd. dari SMK Pondok Pesantren Modern Sahid.

Dalam pembahasan yang singkat padat ini, pemateri memberikan tips agar para guru bisa tetap kreatif menulis, baik tulisan fiksi ataupun non fiksi yang bertujuan agar guru tetap aktif dan produktif, dengan memanfaatkan sosial media pribadi, ataupun bisa dengan langsung mengirimkan artikelnya ke beberapa penerbit di Indonesia. Ada banyak tantangan saat kita berharap tulisan di acc oleh penerbit, namun ada tips penting yang harus kita lakukan.

Pertama, kita harus tetap memotivasi diri. Tanamkan dalam hati, percayalah pada dirimu, karyamu, layak dihargai. Itu kuncinya. 

Kedua, agar tidak kehabisan diksi saat menulis, rajinlah membaca, agar wawasan semakin luas dan pemilihan kata(diksi) semakin menarik.

Ketiga, jangan mudah menyerah. Novel yang sekarang terpampang di rak toko buku itu sudah melewati banyak cerita penolakan dan editing ulang.

Pada sesi terakhir webinar, para peserta berkesempatan untuk tanya jawab dari para peserta, seluruh peserta sangat antusias terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang masuk, host membacakan beberapa pertanyaan karena waktu yang terbatas. Selanjutnya narasumber menjawab  pertanyaan dengan sangat jelas dan penuh motivasi. 

Webinar diakhiri dengan pemberian kode download sertifikat bagi seluruh peserta yang mengikuti acara sampai akhir. [Ucu-Habliy]