Rangkaian acara Pekan Khutbatul ‘Arsy atau pekan perkenalan santri baru Tahun Pelajaran 2020/2021 pada Senin, 13 Juli 2020 usai shalat Isya berjamaah adalah pembekalan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari di Pondok Pesantren Modern Sahid. Sehingga aktivitas apapun di pesantren baik di sekolah, asrama, masjid, tempat makan, kantin dan lainnya agar tetap sesuai aturan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran covid-19 ini.

Upaya ini terus disosialisasikan kepada para santri sehingga jika protokol tersebut ditaati dan diterapkan setidaknya santri di Pondok Pesantren Modern Sahid sudah berupaya semakimal mungkin menjaga diri dan lingkungan agar terhindar dari penularan virus ini.
Dalam melaksanakan roda pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren Sahid,  telah menggabungkan 3 pusat pendidikan, keluarga, sekolah/madrasah dan lingkungan dalam satu kawasan yang mashur kita kenal Kawasan Bumi Berkah Sahid, sehingga seluruh santri diisolasi dalam kawasan pesantren di wilayah Gunung Menyan Pamijahan ini dengan pengawasan ketat melewati beberapa lapis penjagaan  untuk meminimalisir keluar masuknya kawasan. Saat ini selain santri, guru/asatidz, dan karyawan tidak diperkenankan memasuk kawasan termasuk orangtua/wali santri dan alumni, bukan lagi PSBB tetapi lebih pada tindakan lockdown.

“Betapa sangat penting panduan protokol kesehatan ini untuk disampaikan dan ditaati serta dijalankan oleh semua warga yg bermukim di kawasan Pondok Pesantren Modern Sahid.” Ungkap Ustadz Jahidi sebagai Kepala Pengasuhan Santri asrama putra dan putri. Beliau juga berharap agar seluruh Murabbi/Murabbiyah mengontrol secara ketat protokol kesehatan yang berlaku bagi santri dan supaya tidak bosan untuk mensosialisasikan serta  mengingatkan santri agar menjalankan aturan ini demi kebaikan bersama.

Acara ini dihadiri oleh seluruh santri baru Pondok Pesantren Modern Sahid yang sudah melakukan check in pada Ahad, 12 Juli 2020 baik putra dan putri didampingi oleh seluruh Murabbi/Murabbiyahnya.

Pada akhir acara, Kepala Pengasuhan mengajak seluruh santri agar terus berdoa kepada Allah SWT, mudah-mudahan pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga santri bisa belajar normal tanpa ada kekhawatiran, orangtuapun nyaman meski para mujahid-mujahidnya berada jauh di Pesantren. Hayoo para santri, Kalian adalah #Santri Sahid dan #SantriTangguh, insya Allah bersama kita mampu dan menanang #melawanCorona, Tutur Ustadz Jahidi kembali memberi motivasi kepada hadirin di Masjid Sadaniyyah A-Munawwarah. [Jay-Habliy].