Madrasah Diniyyah Takmiliyah atau yang biasa disebut MDT di Pondok Pesantren Modern Sahid dimulai 20:00 hingga pukul 21:00 WIB, pembelajaran dilaksanakan di serambi Kanan lantai 3 Masjid Sadaniyah Al Munawwarah. Semua santri wajib mengikuti kegiatan pembelajaran MDT sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Materi Pelajaran yang disampaikan adalah pengayaan pelajaran-pelajaran agama dan bahasa. Seperti pada malam 26 Juli 2020 ini santri mempelajari Mahfuzhat atau kata-kata mutiara dalam bahasa Arab yang disampaikan oleh Ustadz Dani Supandi, S.Pd.I

 

Di antara materi Mahfuzhat adalah sebagai berikut:

 

العالم كبير وإن كان حدثا # والجاهل صغير وإن كان شيخا

Orang yang berilmu itu besar walaupun umurnya masih muda, sedangkan orang yang bodoh itu kecil walaupun umurnya sudah tua

 

تعلم فليس المرء يولد عالما # وليس أخو علم كمن هو جاهل

Belajarlah (karena) tidak ada orang yang dilahirkan dalam keadaan berilmu, dan tidaklah sama orang yang berilmu dengan orang bodoh.

 

وإن كبير القوم لا علم عنده # صغير إذا التفت عليه المحافل

Dan sesungguhnya tokoh terpandang suatu kaum yang tidak berilmu itu menjadi kecil tatkala berkumpul bersamanya orang-orang dalam perkumpulan.

 

Pada pelajaran Mahfudzat ini berisikan motivasi-motivasi dan nasihat hidup yang disadur dari berbagai kitab karangan para ulama. [Siska-Habliy].