Di penghujung Masa Orientasi Santri Baru (MOS) 17 Juli 2020 adalah momentum yang paling membahagiakan bagi Santri Baru. Bahagia karna para santri baru dipertemukan dan dikenalkan dengan wali kelas masing-masing. Bahagia yang kedua atas kehadiran kakak kelas esok harinya yang merupakan santri lama yang saat ini duduk pada kel VIII dan IX bagi santri tingkat Madrasah Tsanawiyah, serta kelas   XI dan XI Madrasah Aliyah/SMK Jasa Boga Pondok Pesantren Modern Sahid.

Kondisi pesantren semula masih relatif sepi karna dihuni santri baru yang tengah mengikuti Masa Orientasi Santri Baru saja, kini pada pekan kedua semakin semarak dengan kehadiran santri lama. Meski harus tetap menjalankan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19, pelaksanaan kegiatan di asrama, sekolah dan lingkungan pesantren berjalan kondusif lancar sebagaimana biasa.

Kegiatan para santri selama di asrama dimulai pukul 15:00 WIB hingga 07:00 WIB esok harinya. Pada waktu tersebut aktifitas santri dipantau oleh Kepala Pengasuhan Santri dan dibimbing langsung oleh para murabbi untuk santri putra dan murabbiyah untuk santri putri.

Menurut Ustadzah Bella salah satu Murobbiyah, di antara peranan Murobbi dan Murabbiyah di Pondok Pesantren Modern Sahid  selaku wakil pimpinan pesantren  dalam melaksanakan program kerja yang langsung berbaur dengan kehidupan santri  pastilah mengemban amanat yang berat dan terhormat selama di asrama seperti:

1.              Memberikan pembinaan dan bimbingan kepada santri

2.              Mengontrol perkembangan kepribadian dan sikap belajar santri

3.              Menerapkan disiplin di segala aspek di pesantren berdasarkan peraturan kehidupan sehari

4.              Mengayomi para santri/wati untuk mewujudkan ketenangan di asrama

5.              Menjalin komunikasi dengan orang tua / wali santri serta

6.              Melaporkan kondisi santri untuk kondisi tertentu, baik tentang kegiatan atau keadaan santri itu sendiri.

Untuk aktifitas para santri dari pukul 07:01 WIB hingga 14:59 WIB para santri berhamburan dari asrama menuju unit sekolah masing-masing. Waktu tersebut merupakan tanggungjawab Kepala sekolah beserta managemen dan tentunya para wali kelas  untuk menjalankan rutinitas proses belajar dan mengajar secara formal dari Senin hingga Sabtu, baik di Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah maupun Sekolah Menengah Kejuruan.

Peranan wali kelas atau walas dan Bimbingan Konseling  (BK) sangatlah penting pada saat-saat seperti ini untuk menggerakkan kelajuan roda pendidikan. Sangat mustahil Kepala Madrasah dan manajemen bekerja maksimal tanpa andil mereka.

Ustadzah Indah Permatasari, S.Pd. selaku BK Madrasah Aliyah menjelaskan bahwa tugas Wali Kelas dan Bimbingan Konseling memegang peranan penting dalam mendisiplinkan serta tumbuh kembangnya potensi serta tingkat pendidikan para santri pada jenjang berikutnya, seperti:

1.  Mengontrol kehadiran santri pada saat apel pagi untuk memastikan kehadiran mereka di sekolah, dan menyampaikan kepada Murobbi/yah bila santri belum hadir di sekolah agar segera ditindaklanjuti.

2.         Sebagai Mustami/Mustamiah bacaan para santri yang telah menghafal surat Pendek dari Al-Qur’an dan mencatatnya pada Buku Catatan Santri (BCS).

3.         Memberikan pengarahan dan pembinaan khusus ketika poin kedisiplinannya menurun dikarenakan telah melakukan pelanggaran agar menuntaskan pembinaan, sehingga point bisa naik kembali.

4.         Menggali potensi santri untuk pengembangan bakat bidang akademik maupun ektrakurikuler.

5.         Mengarahkan santri ke Perguruan Tinggi sesuai jurusan dan potensi santri.

6.         Mengkondisikan santri  dalam pembiasaan shalat Dhuha.

7.         Memotivasi para santri untuk berbahasa resmi Arab atau Inggris melalui English Morning serta;

8.         Mengkondisikan shalat Dhuhur berjamaah dan pembacaan Hadits oleh Muqri usai shalat jamaah.

Pada intinya seluruh santri terbimbing dan terkontrol selama 24 jam oleh Pimpinan Pondok Pesantren Modern Sahid, Kepala Madrasah/Sekolah dan semua jajarannya. Dengan bimbingan dan pengawasan penuh seperti ini diharapkan output alumni Pondok Pesantren Modern Sahid menjadi Generasi yang Unggul, Berbudaya dan Islami akan tercapai. Aaamiin. [Habliy]