Tahfidz al-Quran adalah program unggulan Pondok Pesantren Modern Sahid yang wajib diikuti oleh setiap santri dari kelas VII hingga kelas XII dilaksanakan usai kegitan belajar mengajar di unit pendidikan masing-masing.

 

Namun, karena kemampuan mereka tidak sama, maka dibuat dua program yaitu Tahfidz Reguler yang wajib diikuti oleh semua santri sesuai kelompok masing-masing dan program Tahfidz Khusus 30 juz.

 

Pertama adalah Tahfidz Reguler yang ditangani oleh para murobbi / murobbiyah masing-masing dengan target hafalan minimal 6 juz dengan grade kelas sebagai berikut:

1) mubtadiin: bagi santri yang baru belajar membaca al-Quran

2) mutawassithin: bagi santri sudah fasih tetapi belum lancar

3) mutaqoddimin: bagi santri sudah fasih dan lancar

4) mutafawwiqin: bagi santri yang fasih, lancar, berirama

 

Kedua adalah Program Tahfidz Khusus 30 Juz yang diikuti oleh para santri yang telah lulus pada program mutafawwiqin, memiliki niat yang kuat dan siap mentaati aturan dan bersedia bertempat tinggal di asrama khusus tahfidz.

 

Untuk mengikuti Program Tahfidz khusus yang ditangani oleh dua orang muhafidz dan dua orang muhafidzah ini, para santri yg berminat diseleksi terlebih dahulu. Bagi yang belum lulus harus mengupgrade bacaannya lagi jika ingin lulus dalam seleksi tahap berikutnya.

Tahfidz khusus ini dilaksanakan ba’da shubuh, ba’da ashar, menjelang mghrib, dan malam hari sampai waktu tidur. [ASZ-Habliy]