Tuntas sudah rangkaian kegiatan santri kelas XII MA dan SMK tahun ajaran 2019/2020 Pondok Pesantren Modern Sahid bersamaan dengan kegiatan Haflatul Ikhtitam atau Khataman yang yang dilaksanakan secara Online dan daring pada 20 Agustus 2020 bertepatan dengan tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H di Ballroom Masjid Sadaniyah.


Acara khataman tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Biasa dilakukan beberapa hari usai Ujian Akhir/UNBK dll, namun kali ini waktunya kondisikan dengan perkembangan wabah Covid-19 yang belum berakhir, sehingga pelaksanaannyapun hanya dihadiri langsung oleh perwakilan santri yang berasal di zona hijau saja. Sementara bagi yang berasal dari zona merah dan  kuning mengikuti acara secara online melalui aplikasi zoom dan streaming youtube yang sudah dipersiapkan panitia.


Para santri yang hadir wajib melakukan rapid test serta isolasi mandiri di rumah masing-masing dan tidak diperkenankan menginap di Pesantren. Sebelum masuk ruangan harus cuci tangan atau memakai hand sanitizer serta cek suhu.


Acara yang dipandu oleh Ustadzah Sri Rahmawati, S.Pd. dan Ustadzah Ucu Musyarofah, S.Pd. ini berjalan lancar haru dan hidmat, meski dengan tetap menerapkan protocol kesehatan Covid-19.


Lantunan Ayat suci oleh Ustadz Abdulrahim Habel Al-Hafidz, S.Sos dan saritilawah ustadzah Bella Herliana menjadi pembuka acara khataman, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ustadzah Puji Astuti.


Ustadz Ilham Alamsyah, S.Pd. kepala MA sahid sekaligus Ketua Panitia Haflah memberikan laporan kegiatan dalam sambutannya menyampaikan tentang kondisi kegiatan belajar dan mengajar kelas XII, hasil seleksi perguruan tinggi ucapan terimakasih dan permohonan maaf atas segala kekurangan dalam pelayanan selama belajar di Pondok Pesantren Sahid.


Acara dilanjutkan oleh sambutan wali Santri yang diwakili oleh Bapak Nehri, ayah dari ananda Muhammad Fawwas Attaki Azhar kelas XII-IIS-1 MA Sahid.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ibu Sri Bimastuti Andayani selaku pembina YSWHK dan dilanjutkan Sambutan olah Bapak DR. Ir. H. Hariyadi Budi Santoso Sukamdani, MM ketua Umumm Yayasan Sahid Husnul Khatimah melaui Video Conference.


Selanjutnya ustadzah Sri Rahmawarti, S.Pd. dan Ust. Maturidi, S.Pd.I. memandu acara inti, yaitu prosesi khatawan dengan membacakan seluruh peserta khataman angkatan XIII bagi Madrasah Aliyah Sahid dan angkatan III bagi Santri SMK Jasa Boga Sahid baik luring maupun daring.


Acara ditutup dengan doa oleh Ustadz Muhammad Luqman, S.Pd. selaku Pimpinan Harian yang belum lama ini dilantik. [Habliy]