Sesuai anjuran pemerintah, Pondok Pesantren Modern Sahid termasuk pesantren yang memulangkan seluruh santrinya kecuali santri dari luar Jawa dan luar negri. 

 

Walaupun di rumah, semangat belajar santri tidak kendor. Mereka tetap belajar seperti belajar di kelas mulai pagi sampai sore dipandu ustadz mata pelajaran masing-masing. Para asatidz mengirimkan tugas melalui whatshapp atau email. Materi yang perlu penjelasan secara langsung diberi tutorial melalui video call atau diskusi melalui zoom claud meeting. Bahkan dalam mata pelajaran IPA misalnya, santri sangat antusias mendemonstrasikan hasil praktikum melalui video.

 

Peran orang tua sangat besar dalam mengawasi dan membimbing putra/putri tercinta di rumah. Setiap hari para Ayah Bunda melaporkan kegiatan mereka kepada Wali Kelas dan Murobbi/yah masing masing yang memantau melalui grup medsos. 

 

Meskipun Ujian Nasional ditiadakan, namun santri Kelas IX dan XII tetap semangat belajar. Karena sudah terpatri dalam diri mereka slogan : “Belajar bukan untuk ujian, tetapi ujian untuk belajar”