5 Maret 2020 merupakan even mendebarkan bagi para santriwati tingkat akhir SMK pondok pesantren modern Sahid. Dimana keahlian mereka dalam bidang jasaboga yang selama ini geluti akan dipertaruhkan dan harus dipraktikkan secara total di hadapan penguji internal dan eksternal dalam Ujian Kompetensi (Ujikom) yang yang digelar di Lab Tata Boga SMK Sahid.

Peserta yang melakukan hajat besar pada Ujian Kompetensi ini sebanyak 17 Santriwati.

Para santriwati/siswi yang saat ini duduk di kelas XII SMK menghadapi 4 orang penguji yang terdiri dari 1 penguji internal yang berasal dari lembaga Sahid sendiri yaitu: Anifa Suprapti, S.E., Elfi Syahwani Daulay, S.E. dan Maryam Afifah, S.Kom.

Adapun 1 penguji eksternal berasal dari luar lembaga Sahid yaitu Rahmat Ali Surahman,  Executive Chef Hotel Royal Padjajaran Bogor.


Alhamdulillah perlu kita syukuri juga bahwa pelaksanaan ujikom ini berjalan dengan lancar dan selamat dari pandemi COVID-19 meskipun saat itu sudah mulai viral tentang wabah ini di luar negeri dan di Indonesia belum dinyatakan untuk Lockdown.


Tugas inti ujian kompetensi yang mengacu pada kurikukum pendidikan Program Keahlian Jasa Boga adalah sebagai berikut:

1. Membuat perencanaan pembuatan produk.

2. Membuat pengolahan dan penataan produk dengan tepat.

3. Mengolah setiap unsur dengan berbagai macam bahan dan berbagai macam teknik dasar pengolahan makanan. Display produk

4. Melakukan pekerjaan secara individu.

Para santri cermat mengikuti instruksi dari soal yang telah ditentukan dan mampu mempraktikkan dalam Lab. Tata boga untuk berkreasi dengan berbagai macam jenis makanan dan sajian kuliner tradisional, nasional bahkan internasional.


Dengan diselenggarakan uji kompetensi ini para santriwati yang notabene calon alumni pesantren mampu berkompetisi dalam menghadapi  dunia kerja dan usaha sehingga menjadi tenaga ahli madya profesional di bidang Jasa Boga yang berorientasi pada kebutuhan dunia kerja dan usaha serta Dunia Pendidikan berkelanjutan di bidang kuliner dan terbekali dengan pendidikan agama, akhlaqul karimah,  keterampilan, pengetahuan yang kompeten.


Nampak para santriwati sangat antusias dan semangat mengikuti ukom ini. Begitupun penguji tak cuma menilai karya mereka, tetapi memberikan arahan serta motivasi agar terus belajar, berkreasi dan berkarya. Semoga sukses di masa mendatang yaa!!!! [AP-Habliy]